Wednesday 8 December 2010

Berbekal Kepedulian Pada Guru, Lutim Raih Penghargaan Pendidikan

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo, memberikan penghargaan kepada pemkab. Lutim, karena dinilai peduli terhadap kaum guru dan berhasil dalam pembangunan di bidang pendidikan secara umum. Pemberian penghargaan bidang pendidikan oleh Pemerintah Propinsi Sulsel itu, berlangsung Sabtu (04/12) lalu di lapangan Syekh Yusuf, Gowa, dalam puncak peringatan Hari Guru dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indinesia (HUT-PGRI) ke-65 tingkat propinsi.

Selain Lutim, setidaknya masih terdapat empat kabupaten/kota di Sulsel yang juga diberi penghargaan serupa, masing-masing Pare-Pare, Soppeng, Pangkep dan Gowa. Kesemua daerah tersebut, dianggap telah memajukan dunia pendidikan, dengan memberikan perhatian dan kepedulian yang besar terhadap para guru dan bidang pendidikan di daerahnya masing-masing.


Kepala dinas pendidikan Lutim Syahidin Halun mengatakan, setiap tahunnya pemerintah daerah Lutim mengucurkan anggaran di sektor pendidikan rata-rata 24% dari APBD, guna membangun infrastruktur pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia di daerah ini.

Bukan itu saja, program pelatihan, peningkatan kompetensi dan kualifikasi bagi seluruh guru juga dianggarkan untuk mendongkrak kualitas pendidikan. Selain itu, pemberian beasiswa mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi juga dialokasikan setiap tahunnya.

Hal ini dilakukan, sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah dalam memberikan apresiasi untuk menumbuhkan kualitas sumber daya yang siap pakai. Mengenai program pendidikan gratis, telah dilaksanakan sejak tahun 2006 lalu, yang diterapkan mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Program ini setidaknya meliputi 17 item, yang kesemuanya didanai oleh APBD II. pada awal pelaksanaannya, program pendidikan gratis telah diatur dalam peraturan Bupati Lutim hingga tahun 2008. Sedangkan, tahun berikutnya telah ditetapkan dalam peraturan daerah No.8 tahun 2009 tentang pendidikan gratis.

“Penghargaan ini merupakan tantangan untuk berbuat yang terbaik di masa mendatang dalam memajukan pendidikan secara komprehensif di Bumi Batara Guru,” tutur Syahidin. (ar-hms).


No comments:

Post a Comment