Saturday 31 October 2009

INNA LILLAHI WAINNA ILAIHI ROJIUN.

Masyarakat se-Tana Luwu, khususnya masyarakat Kabupaten Luwu Timur, berduka. Ketua DPRD setempat, H Andi Hasan (OpuTohatta), sekitar pukul 21:20 Wita, Jumat malam, meninggal dunia di kediamannya di Malili, ibukota Kabupaten Luwu Timur. Almarhum meninggal dunia di usia 82 tahun akibat penurunan fungsi jantung. Rencananya, almarhum dikebumikan hari ini di Malili.

Menurut sanak keluarga, almarhum yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Lutim ini, sudah lama sakit. Sebelum meninggal dunia, almarhum sempat dirawat di salah satu rumah skit di Singapura selama dua minggu. Dari Singapura, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) ini sempat dirawat sehari di Rumah Sakit Grestelina Makassar, lalu dievakuasi ke Rumah Sakit Inco Sorowako.

"Tidak sampai satu hari dirawat di Rumah Sakit Inco, almarhum minta dibawa pulang ke rumah (Malili), dan meninggal sekitar pukul 21.22 Wita," ungkap Andi Yayath Pangeran, kerabat dekat almarhum.

Hingga berita ini dipublikasikan, pelayat dari berbagai penjuru di Luwu Timur, terus berdatangan ke rumah duka. Tampak di antara pelayat, Bupati Luwu Timur, H Andi Hatta Marakarma MP, dan pejabat sejajaran pemkab serta para anggota DPRD Luwu Timur.

Rencananya, pemakamannya akan dihadiri Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, dan para pejabat teras pempov dan anggota DPRD Sulawesi Selatan.

Sosok Andi Hasan dikenal sebagai politisi tulen. Dia terjun ke dunia politik praktis dan bergabung dengan Partai Golkar Pusat di Jakarta, pada masa Sekber pda tahun 1968. Selanjutnya ditunjuk sebagai Ketua Korwil Kabupaten Luwu tahun 1971 hingga 1987.

Pada tahun 1987 hingga 1987, dia menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Golkar Kabupaten Luwu, lalu pada tahun 1989 hingga 1999 menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Luwu, yang sekaligus mengantarkannya menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Luwu.

Pada saat Kabupaten Luwu terbentuk, dia terpilih lagi menjadi Ketua Golkar Luwu Utara, dan sekaligus sebagai Ketua DPRD Kabupaten Luwu Utara periode 1999-2003. Selanjutnya, setelah Kabupaten Luwu Timur terbentuk, lagi-lgi terpilih sebagai Ketua Golkar Kabupaten Luwu Timur dan sekaligus sebagai Ketua DPRD Luwu Timur periode 2003-2009.

Pada Pemilu Legislatif Tahun 2009, lagi-lagi Andi Hatta terpilih sebagai anggota DPRD Luwu Timur dari daerah pemilihan Kecamatan Tomoni dan Mangkutana. Namun, belum sempat dilantik sebagai Ketua DPRD Luwu Timur, almarhum menghembuskan nafas terakhirnya. Almarhum meninggalkan seorang istri, enam orang putra dan empat orang putri.(***)

No comments:

Post a Comment