Sunday 20 December 2009

Hari AIDS, Siswa Bagi Brosur

MALILI - Dalam memperingati hari HIV/AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember di Kabupaten Luwu Timur kali ini diwarnai dengan pembagian brosur tentang bahaya HIV/AIDS kepada warga, baik di jalanan, di tempat-tempat umum, sertPara peserta konvoi berasal dari sejumlah siswa empat sekolah yang ada di Kecamaan Malili, yakni SMKN 1, SMAN 1, MAN dan Pesantren AL-Ittihad AL-Ummah. Tidak ketinggalan juga partisipasi para waria yang mengatasnamakan Generasi Kreatif Terampil (GKT) Malili.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Luwu Timur, Pemkab Luwu Timur, PT Inco, Pusat Informasi Konseling dan Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR), serta Jaringan Remaja Malili (Jarma), yang star dari Lapangan Merdeka Soekarno-Hatta Malili, Pasar Kecamatan Angkona, Segitiga Tarengge Wotu, dan berakhir di Puskesmas Kertoraharjo, Kecamatan Tomoni yang dijadikan sebagai pusat pelayanan HIV/AIDS.

Wakil Bupati Luwu Timur, H Saldy Mansyur, SE yang juga ikut serta dalam konvoi tersebut mengatakan, penyakit HIV/AIDS adalah penyakit yang mematikan, maka diharapkan kepada semua elemen masyarakat Luwu Timur untuk ikut berpartisipasi dalam mencegah penularan penyakit ini, agar Luwu Timur bebas dari HIV-AIDS.

''HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan kemudian menimbulkan AIDS. HIV adalah jenis virus yang hanya dapat hidup dalam sel atau media hidup dan berada pada cairan tubuh yang mengandung sel darah putih, seperti darah, cairan plasenta, air mani atau cairan sperma, cairan sumsum tulang, cairan vagina, air susu ibu dan cairan otak,'' terangnya.

Sedangkan AIDS, jelasnya, kumpulan gejala penyakit yang timbul akibat menurunnya kekebalan tubuh yang disebabkan virus HIV. Dan virus ini dapat menular atau berpindah dari seseorang ke orang lain melalui cairan darah (tranfusi darah, jarum suntik dan pemakaian alat tusuk lainnya), melalui hubungan seks serta air susu ibu yang mengidap HIV.
(akm/rhm/d)

No comments:

Post a Comment