Sunday 20 December 2009

Menteri Akan Buka Lovely December

MAKASSAR-- Lovely December yang menjadi program tahunan Pemprov Sulsel, akan lebih istimewa tahun ini.

Program yang akan kembali menggairahkan wisata di Sulsel, khususnya di Tana Toraja dan Toraja Utara itu, akan dibuka Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Jero Wacik.

Lovely December yang akan dimulai 26 Desember itu, menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Syuaib Mallombasi, Menteri Budpar dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dipastikan hadir.

Lovely December sendiri, akan diisi berbagai atraksi unik, seperti adu kerbau dan pergelaran memasak nasi di bambu sepanjang satu kilometer.
Selain dua kegiatan tersebut, 'Lovely December' tahun ini juga dimeriahkan atraksi adu kepala dari kelompok warga setempat serta lomba arung jeram di Sungai Mata Allo.
Dipastikan, sejumlah wisatawan asing akan hadir menyaksikan pesta budaya tersebut.

Lovely December yang digelar partama kali pada 2008 merupakan kerja sama pemerintah Provinsi Sulsel dan pemerintah Kabupaten Tana Toraja.
Namun pada pelaksanaan kedua kali tahun ini telah melibatkan Pemkab Tana Toraja Utara, daerah hasil pemekaran dari kabupaten induk Tana Toraja.

Sebelumnya, Bupati Tana Toraja Amping Situru mengatakan, pihaknya telah siap menggelar event wisata yang telah masuk alam kalender wisata nasional tersebut.
Pemerintah dan masyarakat dua kabupaten di wilayah itu telah siap menyambut dan menyukseskan promosi wisata tersebut, ujarnya.

Amping mengatakan, Lovely December bukan hanya promosi wisata Tana Toraja, melainkan promosi wisata Sulsel secara keseluruhan yang meliputi 24 kabupaten dan kota.

Karena itu, pada kegiatan tersebut diharapkan semua daerah ambil bagian dengan menampilkan berbagai kegiatan seni dan budaya serta produk kerajinan masing-masing daerah.

Anggota DPRD Sulsel Dan Pontasik menyambut baik kegiatan tersebut. Apalagi, akan dibuka oleh menteri kebudayaan dan pariwisata.

Dengan adanya Lovely December, tentu akan memancing wisatawan baik mancanegara maupun domestik untuk berkunjung ke Tana Toraja dan Toraja Utara.

Dua daerah ini, menurut Dan Pontasik yang juga putra asli Tana Toraja ini, bukan hanya terkenal dengan pesta adatnya tetapi juga keindahan alamnya yang mempesona. ''Kami berharap, Lovely December menjadi program tahunan pemprov. Hanya saja, gaungnya jauh sebelum Desember sudah digelorana supaya minat ke daerah wisata ini semakin tinggi.
(uce/ikh)

No comments:

Post a Comment